Saran dan Tips Solo Hiking

Sumber foto
    
Setelah mengetahui bahaya dan manfaat solo hiking, juga simak beberapa saran dan tips yang mungkin akan berguna dan membantu pendakian ketika mendaki solo. Berikut beberapa tips yang kira - kira bisa membantu teman - teman sekalian.
  • Bersikap realistis tentang keterampilan diri, daya tahan tubuh, dan apa yang dinikmati. Jika mendaki berkelompok kira - kira lebih menyenangkan, tetap lakukan itu.
  • Pikirkan diri kita sebagai orang yang bersama kita. Anggap kita tidak sendiri dan percaya dapat berbagi sifat yang dilihat, dengar, dan dirasakan dengan diri sendiri. Ini juga bisa jadi ajang pembelajaran untuk menerima kekurangan, kelebihan, dan potensi apa yang ada dalam diri.
  • Pelajari gunung tempat melakukan pendakian solo. Teliti pola cuaca dan iklim, jalur, batas keuangan, wilayah jelajah alam liar, ketinggian gunung, dan sumber air.
  • Tetap di jalur pendakian. Solo hiking bisa menjadi hal yang menyenangkan tetapi juga ada indikasi merusak alam dengan menerabas jalur baru.
  • Jadilah percaya diri, tetapi tidak sombong. Percaya diri adalah keyakinan bahwa kita akan bertindak dengan benar karena memiliki keterampilan.
  • Beritahu keluarga atau teman dekat bahwa kita akan melakukan solo hiking. Beritahu juga berapa hari dan jika telah selesai melakukan pendakian, jangan lupa memberi kabar.
  • Buka website tentang tips - tips mendaki sendirian dan belajarlah dari pengalaman mereka. Ini membantu memecahkan masalah yang sama jika membaca pengalaman orang lain ketika mendaki sendirian juga.
Mungkin itu saja yang dapat saya sarankan karena hal terpenting dalam solo hiking sendiri adalah kepercayaan diri bahwa diri sendiri mempunyai keterampilan di alam bebas dan bersikap realistis pada kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Bagaimanapun mendaki gunung termasuk olahraga ektrim walaupun tidak seseram yang dikira. Perlu persiapan untuk melakukan semuanya sendiri. Yang terpenting selalu jaga tata krama kita di alam dan jaga diri kita untuk tidak merusak alam. "Take nothing but picture, leave nothing but footprint, and kill nothing but time". Salam Lestari!

Komentar