Persiapan Mendaki Trail-Run

Sumber Foto
    Bagi seorang pendaki gunung yang senang jogging, mendaki dengan cara trail-run menjadi salah satu pilihan alternatif bagi yang tidak banyak waktu ataupun ingin merasakan sensasi jogging di gunung. Karena trail-run bisa dikatakan kombinasi antara jogging dan mendaki gunung. Trail run dilakukan di alam terbuka di jalur pendakian dan punggungan pegunungan. Bagi yang biasanya jogging atau berlari di gelanggang olahraga ataupun di jalanan, trail run termasuk olahraga yang cukup ekstrim. Tentu butuh beberapa persiapan yang matang sebelum melakukan kegiatan ini. Tetapi bagi yang belum pernah mencoba, tidak perlu takut untuk mencoba berlari di track pendakian. Untuk yang belum terlalu familiar dengan kegiatan ini, ada baiknya mempersiapkan hal berikut:

a. Persiapan Fisik

    Baik untuk runner profesional maupun amatir persiapan fisik menjadi faktor utama kegiatan ini. Persiapan fisik yang ideal dilakukan antara dua bulan atau sebulan sebelumnya. Dalam waktu - waktu tersebut prioritaskan latihan dengan berlari dan jogging. Kapan perlu ikutlah dalam event - event lari sebagai ajang pemanasan. Selain latihan fisik untuk kekuatan dan daya tahan tubuh, pernafasan menjadi faktor yang paling diperhatikan. Mulai dengan melatih pernafasan terlebih dahulu. Untuk porsi ringan, cobalah rutin untuk bangun di pagi hari sekitar jam 05.00 wib dan lakukan stretching lalu berjalan dan jogging ringan selama 30 menit. Kegiatan rutin ini perlahan akan membuat pernafasan perlahan melonggar dan tahan lama.
    Mungkin ini sepele, tetapi penting untuk memotong kuku sebelum event trail run dimulai terlebih kuku kaki. Banyak cedera yang dialami para runners ketika memasuki turunan yang disebabkan kuku kaki yang tidak dipotong. 

b. Perlengkapan

    Agak berbeda dengan mendaki gunung, lari lintas alam atau trail run hanya membutuhkan peralatan yang menitik beratkan standar minimal. Hanya beberapa peralatan yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan pelari untuk melintasi medan terjal dengan aman.
  • Sepatu Khusus Trail Run
Sepatu gunung biasa dengan sepatu trail run juga agak berbeda dilihat dari segi elastisitas kaki ketika menjajaki medan terjal pegunungan. Desain sepatu gunung vibran short memang memungkinkan digunakan untuk trail run. Tetapi dari segi elastisitas masih kurang maksimal, yang nantinya akan menyebabkan friksi dan lecet di bagian kaki tertentu. Untuk itu kini telah banyak produsen sepatu yang khusus dibuat untuk olahraga ini. 
Sumber Foto
Sepatu ini memiliki kemiripan dengan sepatu running dengan sol yang lebih kuat. Bagian tengah sepatu biasanya dilapisi dengan lapisan nilon plastik ringan untuk melindungi kaki dari resiko terluka akibat permukaan jalur lari yang tajam. Selain itu, sepatu trail run juga dirancang agar penggunanya punya keseimbangan tubuh yang baik saat berlari di track yang umumnya tanah, akar dan batu yang tidak rata.
  • Pakaian Dry Fit
Gunakan kaos dan celana dry fit atau quick dry yang nyaman. Pakaian jenis ini dapat menjaga kelembapan tubuh dan cepat kering saat berkegiatan trail run. Karena temanya pegunungan, pastinya sesuai elevasi suhu juga menurun dan membutuhkan pakaian yang tidak basah. Bahkan beberapa baju telah dikembangkan agar tahan air serta menjaga kulit dari sengatan matahari langsung. Untuk saran, gunakan pakaian yang kontras dengan warna alam sekitar agar mudah dilihat.
Sumber Foto
  • Lightweight Jacket atau Jas Hujan Tipis
Tidak dapat dipungkiri jika berkegiatan di alam bebas, harus siap menanggung resiko perubahan cuaca yang cepat kadang ekstrim. Untuk itu kesiapan juga diperlukan menghadapi hal tersebut dan meminimalisir resiko dengan peralatan yang mumpuni. Lightweight jacket berguna untuk melindungi diri dari hujan dan memang biasa digunakan untuk lari pada umumnya.
Sumber Foto
  • Daypack khusus
Berlari dengan membawa beban ransel bukanlah hal yang patut dipertimbangkan. Karena memang tentu saja tidak apa - apa dan adalah hal yang biasa. Tentunya berbeda dengan tas - tas ransel daypack pada umumnya digunakan pendaki gunung untuk mendaki tek-tok dan camping. Ukuran pelari lintas alam ini jauh lebih kecil dan memaksimalkan gaya minimalis dan biasa digunakan untuk bersepeda terkadang. Gunakan daypack ini untuk menyimpan snack berenergi, air minum, obat - obatan dan segala hal yang dirasa perlu lainnya.
Sumber Foto
  • Pakaian Ganti Lengkap
Pakaian ganti juga termasuk penting karena seluruh tubuh berkeringat setelah seharian berlari lintas alam. Tidak dipungkiri badan menjadi tidak nyaman karena keringat tersebut. Selain itu faktor medan terjal yang kotor dan cuaca hujan yang mengharuskan untuk mengganti pakaian termasuk celana dalam.
  • Memakai Celana Running panjang Atau Legging atau kaos kaki panjang
Trail run yang melalui hutan pegunungan sangat mungkin terkena semak belukar yang terkadang membuat rasa gatal serta perih terkena goresan. Celana panjang menjadi salah satu pilihan untuk kenyamanan berkegiatan. Kaos kaki juga menjadi salah satu alternatif bagi yang tidak punya atau tidak suka memakai celana panjang. Namun disarankan kaos kaki yang digunakan mampu menahan rasa gatal dan goresan dari semak belukar.
Sumber Foto

c. Asupan Nutrisi dan Air Minum

    Ketika berolahraga penting bagi tubuh agar terhidrasi dengan baik, terlebih ketika berkegiatan di luar ruangan yang membakar lebih banyak kandungan air dalam tubuh. Cukupi asupan nutrisi dengan snack berenergi dan stamina bar yang kini telah banyak tersedia di supermarket. Menjelang kegiatan, usahakan penuhi nutrisi tubuh dengan baik dengan pola makan sehat. Pilih makanan yang umumnya mengandung banyak air, karbohidrat baik (oatmeal dll), zat besi, vitamin C, dan lemak baik (kaya akan omega 3 seperti salmon dan produk minyak ikan). Tambahkan protein untuk membantu mempertahankan tingkat energi. Selain itu kebutuhan air yang cukup dan tepat merupakan hal penting dengan tingkat pH minimal 8.

d. Mental

Persiapan mental juga diperlukan karena mental yang baik membuat kinerja tubuh berjalan maksimal. Jangan merasa takut memulai. Mantapkan tekad agar tidak ragu melewati lembah, punggungan dan perbukitan. Rasa menenangkan dari hutan dan pemandangan alam ketika trail run biasanya membantu untuk memulihkan mental yang mulai menurun seiring berjalannya hari.

    Proses tidak akan mengkhianati hasil. persiapan yang optimal akan membuahkan hasil yang maksimal. Percaya bahwa kegiatan ini menyenangkan sekaligus menyehatkan salah satu hal yang harus diyakini. Karena jika tidak ada kesukaan pada olahraga yang satu ini, yang ada hanya akan menimbulkan perasaan kapok bahkan trauma. Untuk itu lakukan kegiatan yang menurut kita menyenangkan dilakukan dan jangan hanya mengikuti trend semata. Tetap jaga tata krama dan jangan buang sampah sembarangan terlebih di lingkungan alam gunung. Salam lestari! 

Komentar